Asal-usul Panulisan: A. Pengenalan tempat

Alkisah daerah pertemuan aliran sungai Citanduy dengan sungai Cijolang, yang sekarang merupakan batas dari Propinsi jawa tengah dan jawa barat, pada saat itu masih merupakan hutan belantara, berbagai macam tumbuhan, tumbuh dengan subur. Selain itu beberapa satwa bebasa berkeliaran di hutan tersebut.

Di beberapa bagian hutan terdapat bukit yang tidak kalah rimbunnya, ditumbuhi pohon-pohon raksasa yang menjulang tinggi, sedangkan dibagian lainnya terdapat rawa-rawa yang belum terjamah manusia. Sehingga tak ada seorangpun yang berani masuk kedalamnya.

Konon daerah tersebut sering digunakan sebagai ajang pertemuan para pembesar dua kerajaan siluman, yaitu Kerajaan Onom dan Kerajaan Lakbok. Dan hal inilah yang menyebabkan orang-orang tabu untuk memasukinya, hanya orang-orang yang memiliki ilmu serta kesaktian tinggilah yang berani masuk ke kawasan tersebut.

Panulisan sendiri terletak di Barat Laut pertemuan sungai Citanduy dan Cijolang, daerahnya merupakan dataran rendah dan perbukitan.

print this page Print disini

Sumber : Buku Pemerintahan Desa Panulisan (1983)
Asal-usul Panulisan: A. Pengenalan tempat Asal-usul Panulisan: A. Pengenalan tempat Reviewed by Urang Kampung on 15.50 Rating: 5