Asal-usul Panulisan: B. Masa Patih Blambangan

Pada suatu ketika datanglah serombongan pasukan lengkap dengan pakaian kebesarannya ke daerah pasirereng, dipimpin oleh Dalem Patih Balambangan. Tidak ada keterangan yang pasti mengenai maksud dan tujuan kedatangannya serta asal usulnya hanya yang jelas Dalem Patih Balangbangan ini dating beserta istrinya dewi Sekarpanggung, diiringi Senopati dalem mangku ratna beserta beberapa prajuritnya.

Menurut cerita dari mulut ke mulut sesampainya di pasirereng, rombongan segera membuat pesanggrahan, serta mengatur pertahanan, seolah-olah akan menghadapi bahaya. Dan didirikanlah benteng pertahanan dibukit kecil yang diberinama lawang Saketeng.

Penjagaan mereka lakukan terus menerus baik siang maupun malam secara bergiliran oleh para prajurit. Setelah lama tinggal satu persatu meninggal dunia dalem patih balambangan dimakamkan dilereng gunung pasirereng sebelah timur, sedangkan istrinya Dewi sekarpanggung dimakamkan dipuncak gunung pasirereng yang terkenal dengan sebutan Patilasan Jujubleg.

Sedangkan Senopati Dalem Mangku Ratna di makamkan dipasirsadang. Khusus makam Dalem Patih Balambangan kuburannya lain dari yang lain, yaitu mempunyai ukuran lebih panjang serta di atasnya dipasang batako yang ukurannya sangat besar. Dan ketiga makam itu sampai sekarang masih dikeramatkan.

Sumber : Buku Pemerintahan Desa Panulisan (1983)
Asal-usul Panulisan: B. Masa Patih Blambangan Asal-usul Panulisan: B. Masa Patih Blambangan Reviewed by Urang Kampung on 15.55 Rating: 5