Permainan sunda: Cara Bermain Dam daman

Dam damanUrang kampung mau cerita lagi nich.....ga jauh-jauh dari permainan dikampungku sewaktu kecil. Kemaren kan sudah cerita tentang bermain di sawah, bermain Pecle yang mayoritas dimainkan anak perempuan, nah kalo sekarang ini bagiannya anak-laki-laki.

Permainan ini namanya Dam Daman, saya juga kurang tahu apa artinya dam daman itu sendiri akan tetapi ketika ada pemain yang tidak memakan Pion pemain lawan, itu namanya dam dan pemain itu boleh mengambil secara acak 3 pion milik lawan. Jumlah Pion tiap pemain berjumlah 16.

Cara menjalankan Pion adalah searah garis, baik itu garis lurus atau menyilang, dan tidak boleh melebihi dari 2 jajar Pion. Permainan ini bisa dimainkan dimana saja..bisa ditanah, bisa di lantai, bisa dibangku, atau dikertas. Untuk Pion sendiri itu bebas mau dari batu kecil, daun, kertas, ranting dan lain-lain asalkan antara pemain satu dengan lawannya beda. Contoh: Pemain A menggunakan batu kecil maka pemain B tidak boleh menggunakan batu lagi, tapi bisa dengan kertas,ranting, atau daun.

Cara memainkannya kurang lebih seperti ini (lihat gambar):
  1. Cara permaianannya adalah dengan cara gantian seperti bermain Catur, ketika pemain A sudah mengerakan Pion/koin maka giliran B, dan seterusnya.
  2. Diadakan suit atau undian siapa yang berhak memajukan Pion/koin duluan.
  3. Pemain yang menang suit dipersilahkan untuk memajukan koinnya satu langkah yaitu koin paling depan yang berhadapan dengan koin lawan dan bisa yang mana saja. (Koin warna biru untuk pemain A dan Merah pemain B)
  4. Setelah pemain A memindahkan koinnya maju selangkah (misal yang tengah)*lihat gambar 1, maka B haru memindahkan koinnya juga selangkah. Pada contoh diatas pemain B memakan koin pemain A.*lihat gambar 2
  5. sekarang giliran pemain A yang memakan koin pemain B.
  6. Permainan seterusnya tergantung pemain B
Catatan penting dalam permainan ini:
  1. Misalnya pemain B tadi tidak memakan koin pemain A malah memindahkan koin yang lain(*lihat gambar 1), maka pemain B dinyatakan Dam. Mungkin sama dengan denda atau finalti, dimana pemain A boleh mengambil koin pemain B sebanyak 3 koin (bebas mengambil mana saja). selanjutnya tinggal pemain A yang melangkah.
  2. Pemain tidak boleh melangkahkan koin secara mundur, tapi harus maju.
  3. Bagi koin yang ternyata bisa sampai pada kotak segitiga lawan pada baris terakhir, maka koin itu bebas berjalan (maju ataupun mundur), asalkan masih pada satu garis lurus. 
  4. Pemain yang kalah adalah pemain yang koinnya sudah habis, atau bisa saja terjadi seri. 
Gimana sudah faham, atau malah jadi pusing?hehe....mungkin akan lebih baik jika langsung memainkannya. Selain digunakan untuk bermain Dam bisa juga digunakan untuk bermain cepat-cepatan beres seperti pada permainan catur. Yang digunakan adalah kotak persegi dengan jumlah koin tiap orang yaitu 10 koin. cara memainkan hampir sama dengan melangkah akan tetapi tidak ada makan-memakan koin lawan.

Nah itu tadi sekilas mengenai permaianan waktu kecil, permainan ini sering saya lakukan ketika sekolah dasar, baik iktu dilingkungan sekolah, atau dilingkungan rumah. Bahkan tempat Ronda atau Pos Ronda sering dijadikan tempat bermain Dam Daman, maklum dahulu Pos Ronda masih terbuat dari papan kayu bukan dari tembok seperti yang sekarang ini. Jadi papannya itu kita gunakan jadi papan Dam Daman permanen, tidak menggunakan kapur tapi langsung di garis pada papan.

Masa kecil adalah masa yang paling indah, betul tidak kawan? Nah masa kecil kawan dahulu bagaimana nich? ayo sedikit cerita!!!hehe.......
Permainan sunda: Cara Bermain Dam daman Permainan sunda: Cara Bermain Dam daman Reviewed by Urang Kampung on 00.13 Rating: 5