Permainan sunda: Bermain Papanggalan (Gasing)

KETERANGAN GAMBARUrang Kampung mau cerita lagi nich.....ga usah bosen yach...kalo dari kemaren itu yang dibahas cuma bermain saja, kalo yang lain nanti nyusul saja.he.... Nah sekarang Urang Kampung akan mengulas tentang bermain Papanggalan. Papanggalan merupakan bentuk kata kerja yang artinya kurang lebih bermain panggal, papanggalan diambil dari kata panggal atau menurut bahasa Indonesianya sama dengan gasing.

Kalo sudah denger kata Gasing semuanya juga pasti tahu kan apa itu gasing dan bagaimana bentuknya? Oke kita lanjut......Dahulu anak-anak sering bermain panggal, baik itu anak SD sampai anak SMA bahkan kadang orang tua juga suka ikut bermain.

Panggal ditempatku biasanya dikerjakan sendiri bersama teman-teman sebaya dengan peralatan alakadarnya seperti pisau raut, gergaji, dan golok. Pohon yang digunakan beragam namun untuk kualitas bagus biasanya memilih pohon yang didalamnya mempunyai warna hitam, karena selain kuat warna hitam juga akan jadi bagus kelihatannya ketika finishing. Pohon yang digunakan adalah pohon Peteuy selong atau Pete Cina, selain itu kadang menggunakan pohon kopi dan ki endog. O iya tau ga pohon ki endog? pohon itu memiliki daun yang permukaannya tumbuh banyak benjolan-benjolan seperti telor. 

Pohon yang digunakan memiliki diameter sekitar 10 CM sampai 15 dan panjang sekitar 20 - 25 CM.,  tergantung berapa ukuran Panggal yang akan dibuat. Nah untuk bentuknya sendiri Panggal ditempatku mayoritas seperti yang ada di sketsa gambar diatas. untuk talinya sendiri ada yang menggunakan luluh (kulit pohon tisuk yang sudah direndam dilumpur dan diambil kulit bagian dalam yang menempel pada kayu), atau menggunakan bekas kain selendang atau sarung.

Untuk permainannya sendiri biasanya dimainkan oleh banyak orang dengan saling mengalahkan satu sama lain atau juga dengan adu lama berputar. Untuk saling mengalahkan tadi caranya salah satu pemain memutar panggal kemudian oleh pemain lain diadu, yang kalah yaitu yang berhenti berputar, namun kadang ada panggal pemain yang patah atau terbelah menjadi dua. Sebelum permainan dimulai biasanya akan didahului dengan sebuah nyanyian yaitu:"Tuktuk brung.. tuktuk brak.. buntut lutung panjang rubak, dikenyed kenyed ku budak budakna salawe widak, tumpak tunggir tungtung sebrung"

Nah sobat itu cerita dari Urang Kampung mengenai permainan Panggal atau Gasing, pokonya seru dijamin seru dech kalo sudah bermain Panggal. Tunggu cerita berikutnya yach.......mengenai BECAK(tempat buang hajat diatas kolam) yang hampir punah.hehe....
Permainan sunda: Bermain Papanggalan (Gasing) Permainan sunda: Bermain Papanggalan (Gasing) Reviewed by Urang Kampung on 20.48 Rating: 5