Patung Pangeran Diponegoro

Hallo.......sobat pernah tidak lewat jalur selatan, baik itu dari bandung, tasikmalaya, ciamis atau dari arah sebaliknya purwokerto, jogja, semarang? kalo pernah pasti sobat lihat patung kuda Pangeran Diponegoro. Nah patung kuda itu terletak diperbatasan antara Jateng dan Jabar sekaligus perbatesan Desaku dengan wilayah Kota Banjar Jawa Barat. 

Patung kuda ini jika dari arah Bandung berada disebelah kanan setelah jembatan sungai Cijolang, dan jika dari arah purwokerto berada disebelah kiri. Diseberang patung Kuda terdapat juga Patung Harimau Siliwangi yang berada di wilayah Jawa Barat.

Posisi patung kuda ini berada diatas yaitu areal perkebunan karet, dan persis dibawah patung terdapat semacam tugu mengenai Operasi Bhakti Kodam IV Diponegoro. Tempat ini biasanya ramai ketika bulan puasa, menjelang berbuka atau setelah waktu sholat shubuh. 

Tak begitu jauh dari patung kuda terdapat sungai Cijolang yang membagi wilayah jateng dan jabar dan bertemu dengan sungai Citanduy. Sungai ini juga merupakan tempat orang mencari nafkah yaitu mencari pasir. Tidak hanya pribumi akan tetapi dari orang wanareja bahkan majenang banyak yang mencari keberuntungan menjadi penambang pasir. (cak)
Patung Pangeran Diponegoro Patung Pangeran Diponegoro Reviewed by Urang Kampung on 23.17 Rating: 5