Kuliner sunda: Peuyeum Ketan


Pernah dengar kata Peuyeum khan? pasti semuanya juga tahu Peuyeum Bandung, peuyeum yang terbuat dari singkong yang telah diberi ragi khusus. Rasanya yang manis dan lezat memang banyak diburu buat oleh-oleh khas Bandung. Namun bukan hanya itu, peuyeum juga bisa dibuat dari beras loch! tentunya bukan beras biasa akan tetapi beras ketan, baik itu ketan putih atau ketan hitam.

Nah ditempatku pas menjelang hajatan atau acara syukuran, biasanya peuyeum ketan akan mudah dijumpai sobat. Rasanya yang manis kecut dan kadang berair ini dibuat dengan bahan dasar Ketan.
Tapi kebanyakan ditempetku menggunakan ketan putih sebagai bahan dasarnya, bahan lain yang diperlukan yaitu ragi. Kemudian cara membuatnya adalah beras ketan dicuci dan direndam dalam air kurang lebihnya satu malam lalu dimasak hingga matang, setelah itu didinginkan dan diberi ragi sesuai porsi. Setelah diberi ragi didiamkan beberapa saat dan di bungkus dengan daun pisang atau daun lainnya, setelah selesai biasanya peuyeum tadi disimpan didalam wadah dan ditutup dengan kain selama 2 atau 3 malam, supaya proses pregmentasi sempurna.

Barulah setelah beberapa hari bisa dinikmatai Peuyeum Ketan tadi. Namun sepengetahuan penulis bahwa jangan sampai dalam proses tersebut terkena minyak goreng atau bekasnya, karena akan menghambat proses pregmentasi peuyeum tadi, bisa saja tidak terasa manis. Peuyeum ketan ini bisa bertahan seminggu bahkan bisa lebih apabila disimpan dalam lemari ES.

Penasaran dengan Peuyeum Ketan? silahkan cari dan cicipi rasanya, menurut beberapa sumber yang saya baca bahwa Peuyeum Ketan dijual juga didaerah Cimahi - Jawa Barat. (cak)
Kuliner sunda: Peuyeum Ketan Kuliner sunda: Peuyeum Ketan Reviewed by Urang Kampung on 00.02 Rating: 5