Sawah tempat bermainku

Tau gambar apakah itu? ya itu areal pesawahan pada musim tanam padi. Yang berwarna hijau itu adalah benih padi yang berumur sekitar 20 hari, dan disebelahnya adalah kotak-kotak sawah yang sudah siap ditanami padi.

Apa selanjutnya yang anda pikirkan dari gambar tersebut? nah saya sendiri ketika melihat gambar tersebut yang terpikirkan adalah masa kecil. Kenapa masa kecil karena dulu orang tua saya sering sekali mengajak saya ikut kesawah baik itu pas musim tanam atau musim panen padi. 

Disawahlah saya sering bermain, bukan hanya karena orang tua saya petani akan tetapi jarak antara rumah dan pesawahan cuma sekitar 50 meter saja. Ketika musim kemarau berlalu dan musim tanam tiba saya dan teman-teman sebaya biasanya ikut dengan orang yang sedang membajak sawah untuk sekedar mencari jangkrik. tempat yang digunakan berasal dari tumpukan bambu yang telah dipotong sama panjang sekitar 15-20 cm, setebal 0,5-1 cm, penutup juga biasanya menggunakan bambu atau triplek sedang untuk menguatkan tumpukan bambu digunakan karet gelang pada ke empat sudut.

Setelah asik disawah mencari jangkrik kadang kita sering perang-perangan menggunakan tanah becek, dan pulangnya pasti mampir dan berenang diareal irigasi. Namun bukan hanya itu banyak kegiatan disawah yang bisa dilakukan diantaranya bermain layang-layang, memancing belut/ngurek belut, mencari ikan, bermain empet-empetan dan bermain lumpur tentunya.

Wach....memang asik bermain di sawah itu, walaupun kotor, berbau, dan bikin item tapi sungguh mengasikan. Kadang sekarang juga masih tercium wanginya pesawahan ketika musim tanam, wanginya pesawahan ketika musim panen. Indah memang ketika kita kembali mengingat-ingat waktu kecil kita, waktu dimana masih ada kepolosan, tidak ada beban, dan hanya bermainlah yang terpikirkan.  

Bagaimana dengan anda? adakah yang sampai hari ini belum menginjakan kaki di pesawahan, belum tahu cara menanam padi, belum tahu apa itu ngurek belut, apa itu ngarambet, apa itu nandur, apa itu gacong, dan apa saja alat pertanian. Mungkin lain waktu akan saya bahas satu persatu, apabila penasaran ini ada tulisan singkat saya mengenai hal tersebut mungkin bisa sedikit memberikan gambaran. Klik disini--->
Sawah tempat bermainku Sawah tempat bermainku Reviewed by Urang Kampung on 13.34 Rating: 5