Sejarah

Desaku ini dinamakan desa Panulisan, salah satu Desa di Ujung Barat Kabupaten Cilacap dan juga Propinsi Jawa Tengah, tepatnya berbatasan langsung dengan Kota Banjar - Jawa Barat. Jaraknya dari ibu kota Kabupaten Cilacap sekitar 100 km, atau sekitar 3 jam perjalanan menggunakan angkutan umum.

Bahasa sehari-hari desaku adalah Sunda, karena memang kami adalah keturunan orang-orang sunda, hanya saja terbawa ke wilayah Jawa Tengah. Desa kami terbentuk sudah cukup lama bisa dibilang sudah seratusan tahun lebih.

Desaku sendiri merupakan daerah yang berbukit dan landai, untuk komoditas yang menjadi unggulan yaitu padi. Karena hampir semua warganya memiliki sawah walau beragam luasnya. Luas sawah di desaku hampir sepertiga wilayah Desa.

Menurut sejarah dari nenek moyangku, bahwa Desaku dibangun oleh beberapa orang yang menebang hutan dan mendirikan pemukiman walau hanya beberapa keluarga saja. Namun untuk lebih jelasnya bisa dibaca di sini mengenai Sejarah Desa Panulisan. Sampai sekarang ini Desaku telah dipimpin oleh 19 Kepala Desa dari sekitar tahun 1800. Sudah cukup lama ternyata ya...

Yang pasti desaku adalah tempat terindah dan ternyaman menurutku, karena disinilah aku dilahirkan dan dibesarkan hingga saat ini. Banyak kenangan indah maupun duka yang aku rasakan sejak aku lahir di Desaku. Semoga saja suatu saat nanti aku bisa membangun desaku menjadi desa yang maju disegala bidang. (cak)
Sejarah Sejarah Reviewed by Urang Kampung on 12.07 Rating: 5