Kesenian Singa Depok

Pernah mendengar tentang Singa Depok? atau bahkan pernah menaikinya? Ya Di Desaku juga terdapat salah satu Group seni, yaitu "Singa Depok" atau yang sering juga disebut sisingaan. Sisingaan yang ada di Desaku adalah perpaduan antara seni tradisional dan modern.

Singa Depok biasanya ada pas acara hajatan, yaitu acara khitanan baik itu anak laki-laki ataupun anak perempuan, namun sering juga dalam beberapa acara lain. Singa depok biasanya dinaiki oleh anak yang khitanan dengan ditandu oleh empat orang. Singa depok juga diiringi musik kendang, bonang, terompet dan alat lainnya, juga terdapat satu sinden untuk menyanyikan lagu-lagu khas sunda.

Selain terdapat singa depok biasanya ditemani babarongan, yaitu beberapa orang yang menggunakan topeng baik itu berbentuk kepala Cepot, buta-butaan, monyet atau cacaplokan. mereka tugasnya untuk menari di depan sisingaan atau sebagai pengawal singa yang membawa pengantin khitanan.

Keberadaan group seni di desaku sudah cukup lama sekitar tahun 2001. Keberadaan Singa Depok juga sebagai wadah melestarikan kebudayaan sunda yang sudah jarang diminati bahkan hampir punah keberadaannya. Selain kesenian singa depok, dahulu pernah ada kesenian calung yang cukup terkenal yaitu "Group Calung Pentil" namun sekarang sudah tinggal nama, karena tidak ada generasi penerus.

Mudah-mudahan kesenian sunda terus dijaga dan ada penerusnya, sehingga dikemudian hari bukan cuma nama yang tersisa akan tetapi bentuknya juga masih bisa kita lihat dan dengar.(cak)
Kesenian Singa Depok Kesenian Singa Depok Reviewed by Urang Kampung on 20.04 Rating: 5