Budidaya Pohon Manggis yang Menjanjikan

bibit pohon manggis
Dulu UrangKampoeng sempat menulis mengenai "Perkebunan Karet Rakyat" yang pada intinya masyarakat banyak yang menanam pohon karet karena memang lebih menjanjikan dibandingkan menanam pohon kelapa atau pohon albasiah. Nah kali ini UrangKampoeng akan menyoroti tentang salah satu pohon yang juga memiliki keuntungan yang lumayan tidak sedikit.

Pohon yang saya maksud adalah Pohon Manggis, yaitu pohon yang menghasilkan buah manggis tentunya. Pohon ini memang memiliki pertumbuhan yang lambat, namun apabila diberikan pupuk yang cukup, pemberian air,tidak akan memakan waktu yang lama sampai pohon ini menghasilkan.

Untuk pembibitan sendiri biasanya masih menggunakan biji, namun biji yang memiliki kulitas bagus dan dari pohon yang bagus juga. Hal ini dimaksudkan agar bibit manggis yang dihasilkan memiliki kualitas yang bagus juga sama dengan induknya. Namun ada juga yang menggunakan teknik sambung atau stek yaitu penyambungan bibit baru dengan susuan, hasil dari cara ini bisa menekan lamanya pohon berbuah yang tadinya antara 8-10 tahun baru berbuah, sekarang 5-6 tahun juga sudah bisa menghasilkan buah.

Seperti halnya di Desa saya, pada musim kemaren sekitar bulan Desember dan Januari adalah musimnya buah  Manggis. Ada yang dijual kiloan ada juga yang dijual borongan/pohon. Setiap pohon biasanya dihargai sekitar 350.000 sampai 600.000 per pohon tergantung besarnya pohon dan banyaknya buah manggis yang dihasilkan. Pada musim manggis kemaren ada yang sampai menghasilkan uang sekitar 16.000.000 rupiah dari hasil menjual manggis, bisa dibayangkan berapa pohon manggis yang dimiliki. 

Pohon manggis memang pohon yang hanya berbuah satu tahun sekali, ya memang ini adalah kendalanya akan tetapi jika kita bisa menanamnya secara banyak niscaya hasilnya juga akan sepadan. Dan kelebihannya adalah pohon manggis ini akan terus berbuah tiap tahun dan bisa hidup puluhan tahun. Hal ini sekarang sedang dilakukan oleh ayah saya sob....dirumah sudah banyak bibit pohon manggis namun masih berukuran sekitar 10 Cm.

Mudah-mudahan suatu saat nanti semuanya bisa tumbuh dan berbuah semua. O iya sobat...sekarang juga ditempat saya sedang musimnya Duku, Pisitan, dan Kokosan.....tp belum merata masaknya! ada yang pengen?, silahkan main ketempat saya, tapi pas saya lagi dirumah yach.he.....
Budidaya Pohon Manggis yang Menjanjikan Budidaya Pohon Manggis yang Menjanjikan Reviewed by Urang Kampung on 00.24 Rating: 5