Buah Duku dan Pisitan Khas Cilacap

Buah duku dan pisitan dari Dayeuhluhur - Cilacap
Alhamdulillah....Urang Kampoeng bisa internetan lagi, setelah sekian lama di kampoeng. Kebetulan bulan ini dan sebelumnya Kampoengku sedang memetik hasil berkebun dan bertani. Hasil dari kebun diantaranya panen Buah Manggis setelah itu panen buah duku dan pisitan dan seterusnya akan panen buah kokosan (koskosan), lalu dari bertani yaitu musim panen padi.

Memang alam pedesaan selalu berlimpah dengan hasil kebun dan sawah, tinggal bagaimana kita bisa memanfaatkan lahan perkebunan dan pertanian tersebut. Yaitu lahan yang ditanami tanaman yang mempunyai nilai ekonomis tinggi dan mempunyai keberlangsungan yang lama. 

Desaku yang terletak di ujung Kabupaten Cilacap sebelah barat yang berbatasan dengan Kota Banjar - Jawa Barat memang sangat cocok ditanami beberapa tanaman perkebunan diantaranya salak, duku, pisitan, kokosan,manggis, dan masih banyak lagi. Ini mungkin dikarenakan karena tanahnya yang subur dan iklim yang cocok dengan jenis tanaman tersebut. Namun rata-rata tanaman yang ditanam antara tanaman buah tahunan dan bulanan, untuk tahunan seperti duku, pisitan, manggis, kokosan, pete dan lain-lain sedang untuk tanaman bulanan diantarnya salak, pete, jengkol, pisang, kelapa dan sebagainya.

O iya....mungkin banyak diantaranya yang sudah mengenal Buah Duku, dan yang paling terkenal adalah duku Palembang namun banyak diantaranya juga yang baru mendengar nama PISITAN. Ya...pisitan merupakan sebutan untuk buah yang mirip dengan buah duku namun memiliki bentuk yang agak besar, rasanya manis kecut, struktur daging buah kenyal dan berair serta lonjong. Dikarenakan buahnya yang agak kecut inilah harga penjualan dari buah pisitan ini sangat murah sekali, untuk ditingkat kampung hanya sekitar 1500-2500 per kilonya, beda dengan buah duku yang bisa mencapai harga diatas 5000 bahkan bisa mencapai 10000 per kilonya. 

Bagaimana sobat....penasaran dengan rasa dari buah Pisitan ini? buruan cari dan nyoba sendiri yach....kalo yang dekat dengan rumah saya bisa mampir, ya kalo memang masih ada dikebun nanti saya kasih dach...he....
Buah Duku Cilacap
Buah Pisitan/langseb Cilacap

Buah Duku dan Pisitan Khas Cilacap Buah Duku dan Pisitan Khas Cilacap Reviewed by Urang Kampung on 10.19 Rating: 5