Alat musik Empet-empetan Dari Batang Padi

Hari ini cape sekali rasanya sob....habis panen padi di sawah, ya walaupun sedikit yang penting cukup buat makan. Untung saja cuacanya lagi sedikit mendung jadi tidak begitu panas dan bikin badan tambah gosong.he....
Empet-empetan dari batang pohon padi
O iya sob......dulu pas waktu UrangKampoeng masih kecil, biasanya pas musim panen begini sering dibuatkan alat musik yang terbuat dari batang pohon padi yang dinamakan Empet-empetan. Dinamakan Empet-empetan dikarenakan bunyi yang dihasilkan yaitu tetttttttt...tetttttt...., namun kadang bunyinya bisa dirubah mirip suara bayi, itupun tergantung kreatifitas tangan kita dalam memainkannya.

Dikarenakan batang padi ini tidak selamanya bolong, maka untuk membuang semacam penghalangnya digunakan rumput atau sejenisnya dengan menyanyikan sebuah nyanyian yaitu "grok ogrok ogong di rojok molongpong". Nyanyian ini terus dilantunkan sampai bagian dalam batang padi tersebut benar-benar bersih dari penghalang. Alat musik ini memiliki suara yang cukup nyaring, dan suara ditentukan oleh belahan-belahan pada bagian atas batang padi, besar batang padi dan juga panjang. Biasanya alat musik ini dibunyikan hanya untuk mengisi waktu bermain di sawah. Panjang dari alat ini antara 5 - 10 Cm. 

Nah ada ga diantara teman-teman yang pernah memainkannya? kalo belum silahkan di coba yach....yang pasti jika kita lebih kreatif sedikit apapun bisa dijadikan sebagai alat musik. Dan semuanya itu tergantung bagaimana kita memainkannya, walaupun alatnya bagus akan tetapi kita asal-asalan maka bunyi yang dihasilkanpun tidak akan enak di dengar.
Alat musik Empet-empetan Dari Batang Padi Alat musik Empet-empetan Dari Batang Padi Reviewed by Urang Kampung on 18.05 Rating: 5