Kuliner sunda: Kue Saroja ( kembang goyang )

Wilujeung wayah kieu baraya (Selamat pagi/malam/siang/sore).

Saroja / kembang goyang
Kuliner sunda. Makanan Indonesia memang tiada habisnya kalo dibahas, begitu juga dengan makanan yang satu ini. Makanan yang terbuat dari tepung beras dan bumbu-bumbu ini memang cukup terkenal di seputaran wilayah jawa barat. Saroja adalah nama untuk makanan yang satu ini, entah dari mana asal-muasal nama saroja yang pasti disetiap acara hajatan atau syukuran di daerah sunda makanan ini akan mudah dijumpai.

Saroja dibuat dengan menggunakan cetakan yang terbuat dari bahan kuningan, cetakan ini nantinya akan dicelupkan ke tepung beras yang sudah encer lalu dimasukan ke penggorengan. Setelah sebelumnya cetakan tersebut dipanaskan di penggorengan. Dan uniknya dari makanan ini adalah tidak adanya Seroja mentah, yang ada hanya seroja masak. 

Saroja memiliki rasa yang gurih, namun ada juga yang membuatnya dengan rasa manis dan menggunakan warna supaya menarik peminat untuk mencicipinya. Makanan ini kalo di acara hajatan biasanya akan ditemani makanan yang satunya lagi yaitu Papais. Makanan yang juga terbuat dari tepung ini dimasak dengan cara di kukus dan dibungkus dengan daun pisang.

Ini beberapa penampakan dari Saroja dan cetakannya:

Saroja dan cetakannya:
Klik untuk melihat:






Kuliner sunda: Kue Saroja ( kembang goyang ) Kuliner sunda: Kue Saroja ( kembang goyang ) Reviewed by Urang Kampung on 08.58 Rating: 5