Pasar Desa, Riwayatmu Kini

Sisa bangunan pasar Desa Panulisan
Panulisan - Pasar merupakan tempat berkumpulnya penjual dan pembeli. Sebelum adanya pasar modern pasar tradisional merupakan tonggak dimulainya jual dan beli di masyarakat. Namun seiring berjalannya waktu pasar-pasar tradisional terutama yang kecil semakin terabaikan malah hilang. 

Begitulah adanya dengan pasar Desaku ini, pasar yang dibangun sekitar tahun 80an ini hanya menyisakan beberapa puing bangunan saja, sedangkan lebihnya sudah tak utuh lagi malahan roboh. Pasar yang hanya buka pada hari rabu dan minggu ini ketika saya masih kecil sangat ramai sekali. Pasar ini buka sekitar pukul 5 pagi dan tutup pada pukul 10, dan biasanya setelah berjualan barang-barang dagangan langsung dibawa pulang kembali oleh pemiliknya.  Barang dagangan yang dijual merupakan barang-barang kebutuhan rumah tangga, pakaian, dan makanan. 

Dahulu saya sangat senang sekali seandainya diajak ibu pergi ke pasar, soalnya saya bisa membeli jajanan seperti Cenil, Sorabi, Pecel, Getuk, dan makanan lainnya. Namun sekarang makanan itu sudah tidak ada lagi yang menjualnya, entah karena pasar yang sudah tidak ramai, atau memang penjualnya yang sudah meninggal. Orang yang berjualan di pasar ini sekarang tidak lebih dari 15 orang saja itupun hanya menjual sayuran dan makanan siap saji. 

Selain sebagai tempat jual beli, di pinggiran pasar ini dahulu sering dijadikan tempat pasar malam, dan tidak jauh dari pasar ini ada juga gedung serba guna yang sering digunakan untuk pementasan film layar lebar serta teater desa. Pada jaman orde baru desaku terkenal dengan pelopor P4 nya, namun sekarang hanya tinggal cerita saja, malahan sejak di mekarkan menjadi 3 desa, desaku ini seolah tidak berkembang. 

Entah kapan desaku akan sehebat seperti dahulu, mungkin itu semua hanya tinggal kenangan dan sejarah, sama seperti Kecamatan Dayeuhluhur yang merupakan bekas Kadipaten pada masanya. Mungkin perlu kerja keras yang nyata dari mulai masyarakat dan pemerintah desa untuk kembali bergotong royong memajukan desa dan menjadikan desa ini sebagai panutan bagi desa-desa lain. (CAK/apr/2012)
Pasar Desa, Riwayatmu Kini Pasar Desa, Riwayatmu Kini Reviewed by Urang Kampung on 19.13 Rating: 5