Menyusuri Batas Wilayah Kecamatan Dayeuhluhur dan Kabupaten Kuningan

Dusun Wage, Ds. Mandapajaya
Kec.Cilebak Kabupaten Kuningan
Dayeuhluhur merupakan Kecamatan yang berada di ujung barat Kabupaten Cilacap. Secara adat istiadat dan budaya Dayeuhluhur ikut kedalam adat dan budaya Sunda ini bisa dibuktikan dengan bahasa dan juga adat yang digunakann masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

Ini tidak lepas dari sejarah dan juga letak geografis Kecamatan Dayeuhluhur yang berdekatan dengan wilayah Jawa Barat terutama Kota Banjar, Kabupaten Ciamis dan Kabupaten Kuningan di utara.

Perjalanan pertama
Dahulu memang saya sendiri tidak pernah tahu secara pasti bahwa Dayeuhluhur berbatesan langsung dengan wilayah Kabupaten Kuningan, saya tahu setelah kejadian di tahun 2009 dimana pada waktu itu saya dan ke 6 teman lainnya hendak mencari tumbuhan sejenis talas di hutan Kuta Agung. Saya hanya diberitahu bahwa hutan Desa Kuta Agung letaknya di ujung jalan beraspal. Namun setelah saya dan teman-teman pergi kesana, saya tidak menemukan ujung jalan beraspal hingga pada akhirnya salah satu ban motor teman saya gembes dan perlu di pompa.

Setelah bertanya pada ibu-ibu yang pada waktu itu kebetulan sedang berada di sawah saya diberitahu bahwa sekitar 1 KM di depan saya ada tukang tambal ban. Singkat cerita setelah sampai disana ban dipoma, sambil menunggu kita sempatkan mampir di salah satu warung yang ada disana dan bertanya pada pemilik warung. "Bu..kalo hutan Kuta Agung sebelah mana?" begitu kagetnya saya dan teman-teman ketika mendengar jawaban dari si pemilik warung kalo kita sudah berada di wilayah Kabupaten Kuningan tepatnya di Desa Mandapa Jaya. Dan pemilik warung sendiri mengatakan sekitar 2-3 Km lagi kita akan sampai di daerah waduk Darma Kuningan.

Perjalanan kesekian kalinya
Untuk mencapai wilayah perbatasan antara Dayeuhluhur dan Kabupaten Kuningan, saya harus melewati beberapa Desa di Kecamatan Dayeuhluhur diantaranya Desa Panulisan Timur, Desa Matenggeng, Desa Dayeuhluhur, Desa Bingkeng, Desa Bolang dan terakhir Desa Kuta Agung. Untuk sampai di Desa Kutaagung yang merupakan Desa yang berbatasan langsung dengan wilayah Kuningan tepatnya di Desa Mandapajaya, Kecamatan Cilebak ini waktu yang diperlukan sekitar 1,5 jam dengan menggunakan kendaraan roda dua.

Awal perjalanan sendiri berjalan mulus, dikarenakan kondisi jalanan yang sudah lumayan baik, namun saat menginjak Desa Kuta agung jalanan mulai rusak dan berlobang, malahan dipaling ujung Desa yang berbatasan dengan wilayah kuningan banyak aspal dan batu yang sudah mengelupas dan yang terlihat hanyalah tanah.

Ini akan diperparah lagi apabila musim hujan seperti sekarang ini, karena jalanan akan becek dipenuhi air dan juga kadang ada tebing yang longsor. Hal ini jelas harus menjadi perhatian baik dari Kabupaten Cilacap atau Kabupaten Kuningan untuk bekerjasama membangun jalan penghubung antara Desa Mandapa Jaya dengan Desa Kuta agung.

Untuk bisa kembali ke Dayeuhluhur ada dua jalur yang bisa kita lalui, yang pertama adalah dengan melewati Kuta Agung sendiri dimana kita harus melaui jalan yang rusak serta tanjakan, dan yang kedua kita melewati Desa Sukasari Kecamatan Tambaksari Kabupaten Ciamis yang nantinya akan tembus di Desa Bolang Kecamatan Dayeuhluhur kabupaten Cilacap namun hanya bisa dilalui oleh kendaraan roda dua.

Sungguh perjalanan yang mengasikan dan menyenangkan bisa berada di batas wilayah sebelah utara Kecamatan Dayeuhluhur, hal ini dikarenakan saya berada di batas wilayah Kecamatan Dayeuhluhur sebelah selatan. Dan semoga saja ada upaya baik dari Pemerintah Kabupaten Cilacap untuk memperbaiki jalan di Desa Kuta Agung agar masyarakat bisa menikmatinya tanpa merasa risau dengan jalanan yang rusak.
Menyusuri Batas Wilayah Kecamatan Dayeuhluhur dan Kabupaten Kuningan Menyusuri Batas Wilayah Kecamatan Dayeuhluhur dan Kabupaten Kuningan Reviewed by Urang Kampung on 13.50 Rating: 5