Potensi Wisata Air Terjun Cimandaway di Kecamatan Dayeuhluhur

wisata Air terjun cimandawayDayeuhluhur - kali ini saya akan sedikit mengulas mengenai salah satu potensi wisata yang ada di Kecamatan Dayeuhluhur, wisata yang dimaksud yaitu Air Terjun Cimandaway. Mungkin bukan kali ini saja saya menulis mengenai air terjun ini, akan tetapi tidak ada salahnya jika saya tulis kembali sebagai upaya untuk lebih memasyarakatkan dan menyebarluaskan potensi wisata di daerah saya.

Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa wisata merupakan salah satu sarana pemasukan bagi daerah, serta dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat sekitar. Namun bukan perkara mudah untuk menjadikan suatu objek wisata bisa diketahui dan dikunjungi banyak orang, terutama masalah dana pembangunan, strategi pemasaran, dan juga faktor-faktor pendukung lainnya seperti sarana jalan yg bagus. Selain itu perlu  juga kerjasama yang serius antara pemerintah, pihak swasta dan masyarakat sekitar.

Pemerintah dalam hal ini Dinas Pariwisata, seharusnya lebih serius untuk mengembangkan obyek wisata ini, dan harus faham mengenai keadaan di lingkungan air terjun sebagai sarana untuk dapat memberikan ide bagi pengelolaan kawasan wisata air terjun ini dan tidak menutup kemungkinan akan adanya kerjasama dengan pihak swasta dalam pengembangan kawasan wisata ini.

Selanjutnya yaitu pihak swasta, dimana pihak swasta hanya sebagai pendukung dalam pengembangan objek wisata ini, semisal dengan mencoba kerjasama dengan berbagai biro perjalanan serta pengusaha penginapan yang ada di wilayah Cilacap dan Kota Banjar. Bisa juga memberikan kesempatan untuk mengelola kawasan dan mengembangkannya tanpa harus merusak ciri khas dari tempat wisata ini. Dan dalam hal ini pemerintah hanya memberikan kewenangan namun tidak secara keseluruhan hanya pada batas-batasa tertentu saja.

Yang terakhir adalah peran masyarakat sekitar, dimana masyarakat harus dirangkul serta diberikan penyuluhan mengenai upaya pengembangan kawasan wisata ini. Karena sedikit banyak dengan berkembangnya kawasan wisata ini akan memberikan masukan dan merubah taraf hidup bagi masyarakat sekitar. 

Bukan tanpa alasan dimasa yang akan datang kawasan wisata Air Terjun Cimandaway ini akan menjadi lebih besar dan terkenal hal ini tidak lepas dari adanya rencana dimana pada tahun 2020 rencananya Desa Matenggeng akan dijadikan Bendung Matenggeng yang merupakan bendungan terbesar di Asia Tenggara. maka tidak menutup kemungkinan bahwa dengan kehadiran bendungan ini akan meningkatkan pula jumlah wisata ke air terjun, dikarenakan jaraknya yg tidak terlalu jauh antara kawasan Bendungan dan Air Terjun.

Curug Cimandaway sendiri sebenarnya berada di kawasan Perhutani. Curug ini memiliki keunikan tersendiri dimana sumber air terjun ini berasal dari Sungai Singaraja dan airnya jatuh ke Sungai Cikawalon yang berada di bawahnya. Air terjun Cimandaway memiliki ketinggian sekitar 75 meter bisa dikatakan bahwa air terjun ini merupakan tertinggi yang ada di Kabupaten Cilacap. (bersambung)
Potensi Wisata Air Terjun Cimandaway di Kecamatan Dayeuhluhur Potensi Wisata Air Terjun Cimandaway di Kecamatan Dayeuhluhur Reviewed by Urang Kampung on 13.40 Rating: 5