Belajar sunda: Alat bertani orang sunda #1

Kali ini saya akan mencoba membahas tentang alat pertanian, khususnya yang digunakan para petani di pedesaan. Maklum saya orang desa jadi alat pertanianpun bisa dibilang sederhana.

Banyak sekali alat pertanian yang biasanya dipakai oleh para petani untuk mengolah lahan pesawahan. Ada yang terbuat dari bahan besi atau juga jenis kayu. Diantaranya:
  1. Cangkul/pacul
  2. Sabit/arit
  3. Parang
  4. Garokan
  5. Lencod
  6. Garitan
  7. Etem/ani-ani
  8. dan lain-lain
Selain dari pada alat pertanian yang hanya digunakan dalam proses menaman sampai memanen, ada juga alat yang digunakan untuk mengeringkan, mengolah, dan menyimpan hasil panen, misalnya:
  1. Giribig
  2. Halu
  3. Lisung
  4. Leuit
  5. dan lain-lain
Mungkin bahasa diatas cukup aneh bagi sebagian orang, karena memang tiap tempat mempunyai bahasa atau penyebutan sendiri. Namun maksud dan fungsinya hampir sama.

Namun dari kesekian alat-alat pertanian tadi lambat laun hilang seiring perkembangan jaman yang semakin maju. Diantaranya yang sudah jarang ditemukan:
  1. Etem
  2. Halu
  3. Lisung
Dari berbagai alat diatas mempunyai fungsi dan kegunaan masing-masing. Misal Pacul/cangkul biasanya digunakan petani untuk mencangkul galengan serta mencangkul area pesawahan untuk ditanami padi. Yang kemudian untuk mempermudahnya digunakan bajak.

Bajak pada jaman dahulu dikerjakan oleh satu atau dua ekor kerbau. Sebenarnya membajak sawah menggunakan kerbau ini lebih menguntungkan dari membajak menggunakan mesin. Misalnya;tanah akan semakin gembur karena dibantu dengan injakan kaki kerbau yang cukup dalam serta proses yang lama,tanah juga akan semakin subur karena kotoran kerbau yang dikeluarkan.

Hanya saja kalau dilihat dari segi waktu pengerjaanya, membajak dengan kerbau akan lama dibandingkan menggunakan mesin. Ditambah lagi sekarang jarang sekali orang yang mempunyai kerbau. (CAK) ----bersambung bagian 2--------
Belajar sunda: Alat bertani orang sunda #1 Belajar sunda: Alat bertani orang sunda #1 Reviewed by Urang Kampung on 00.11 Rating: 5