Menunggu Hasil dan Kinerja Kepala Desa Panulisan terpilih

Setelah sebelumnya saya pernah menulis mengenai "Mencari Sosok Pemimpin Desa Panulisan" dimana saya berharap banyak kepada pemimpin Desa Panulisan mendatang, serta kriteria apa yang seharusnya dimiliki seorang pemimpin. Kini harapan itu akan tergantung pada pemilihan yang akan dilaksanakan pada Senin, 18 Pebruari 2013.

Sebanyak empat calon akan memperebutkan kursi jabatan Kepala Desa untuk periode 2013 sampai 2017 mendatang. Dimana sesuai peraturan Desa, bahwa seorang Kepala Desa akan memperoleh tanah garapan sawah sebanyak 2 hektar dan tunjangan lainnya yang telah diatur. Namun seharusnya hal tersebut bukanlah menjadi tujuan utama untuk menjadi seorang Kepala Desa, namun yang lebih penting adalah melaksanakan apa yang menjadi kewajiban seorang Kepala Desa sesuai dengan Perda

Seperti yang telah kita ketahui bersama, dimana jabatan itu diperoleh melalui suatu pengorbanan, baik material maupun imaterial. Nah dengan kondisi seperti itu terutama kedudukan yang didapat dari pengorbana material, hal ini yang saya khawatirkan bisa menjadi malapetaka dikemudian hari.

Berikut ini asumsi sederhana mengenai hukum kedudukan dan jabatan versi 'UrangKampung":

“Semakin besar pengorbanan, semakin banyak jumlah hasil yang diharapkan. Sebaliknya, semakin rendah pengorbanan, semakin sedikit jumlah hasil yang diharapkan.”

Inti dari kata-kata diatas jika kita telaah akan memiliki penjabaran, bahwa:
"Jika ada seorang pemimpin yang kedudukannya didasarkan pada besarnya pengorbanan yang ia keluarkan, maka ia akan berusaha mengembalikan pengorbanan tersebut melebihi pengorbanan dia dalam memperoleh kedudukan tersebut. Namun jika pengorbanan dia sedikit, maka semakin sedikit jumlah hasil yang diharapkan"

Namun kesemua itu benar atau salah, sebenarnya ada pada NIAT dari seorang pemimpin tersebut, namun beranjak dari pengalaman dan bukti-bukti yang ada di masyarakat hal itu kemungkinan akan terjadi. Terjadinya hal tersebut sebenarnya kembali lagi pada diri kita sendiri sebagai masyarakat, apakah ada kepedulian terhadap Desa kita sendiri ataukah tidak ada.

Jika kita peduli seharusnya hal tersebut tidak akan terjadi dan bisa dicegah sedini mungkin. Kita punya perwakilan di desa yaitu BPD, dan disitulah kita bisa memberikan kritik serta sarannya demi kemajuan Desa.

Hal tersebut saya ungkapkan karena ada diantaranya Calon Kepala Desa Panulisan yang masih mengandalkan materi untuk memperoleh kedudukan sebagai Kepala Desa. Jika awalnya saja kedudukan tersebuat diperoleh dengan cara yang tidak sesuai bagaimana ketika dia sudah menjadi seorang pemimpin Desa. Apalagi disinyalir ada salah satu calon yang telah melakukan kecurangan yang bisa dikatakan telah melanggar hukum.

Semoga saja Kepala Desa yang terpilih nanti bisa menjadi panutan serta contoh yang baik buat masyarakat, karena hormat atau tidaknya masyarakat tergantung kepada pemimpin  itu sendiri. (Cak)
Menunggu Hasil dan Kinerja Kepala Desa Panulisan terpilih Menunggu Hasil dan Kinerja Kepala Desa Panulisan terpilih Reviewed by Urang Kampung on 09.06 Rating: 5