Belajar sunda: Mengenal angka dalam sunda


UrangKampoeng - Setelah sebelumnya saya memberikan sedikit penjelasan mengenai bagian tubuh manusia, kata yang berhubungan dengan waktu, mengenal warna dalam bahasa sunda, maka kali ini saya akan membahas mengenai angka. Semua tentunya sudah tahu bahwa angka sendiri pada intinya terdiri dari sepuluh yaitu;1,2,3,4,5,6,7,8,9 dan 0.

Dalam negara kita yang terdiri dari berbagai suku bangsa dan juga bahasa, penyebutan angka ditiap suku bangsa biasanya berbeda. Begitu juga dalam suku sunda, dimana mempunyai penyebutan sendiri, selain itu suku sunda sendiri pada dasarnya memiliki huruf sunda yang dinamakan dengan aksara sunda kuna atau dinamakan juga Ngalagenda.

Kita kembali kepembahasan utama yaitu angka, dalam bahasa Indonesia kita mengenal angka satu, dua, tiga, empat dan seterusnya begitu juga dalam bahasa sunda, bedanya adalah hanya dalam penyebutan saja, sebagai contoh:
-angka satu (indonesia), dalam bahasa sunda yaitu hiji (sunda)
-angka sebelas (indonesia), dalam bahasa sunda yaitu sabelas (sunda)
-angka tiga puluh (indonesia), dalam bahasa sunda yaitu tilu puluh (sunda)
-angka seratus (indonesia), dalam bahasa sunda yaitu saratus (sunda)
-angka seribu (indonesia), dalam bahasa sunda yaitu sarebu (sunda)
Dari contoh di atas kita bisa lihat bahwa penyebutan belas, puluh, ratus dan rebu baik dalam bahasa indonesia mapun dalam bahasa sunda tidak berubah, yang berubah adalah bilangan didepannya. Namun ada juga angka yang penyebutannya sama baik di dalam bahasa indonesia maupun bahasa sunda yaitu dua (2) lima (5) dan tujuh (7).

Untuk lebih jelasnya saya akan memberikan penyebutan angka dalam bahasa sunda, sebagai berikut;
1 bahasa sundanya Hiji
bahasa sundanya Dua
3 bahasa sundanya Tilu
4 bahasa sundanya Opat
5 bahasa sundanya Lima
bahasa sundanya Genep
bahasa sundanya Tujuh
8 bahasa sundanya Dalapan
9 bahasa sundanya Salapan
10 bahasa sundanya Sapuluh
11 bahasa sundanya Sabelas bukan hiji belas
12 bahasa sundanya Dua belas dst
20 bahasa sundanya Dua puluh
100 bahasa sundanya Saratus
101 bahasa sundanya Saratus hiji
1000 bahasa sundanya Sarebu
1 juta bahasa sundanya Sajuta
1 milyar bahasa sundanya Samiliyar
1 trilyun bahasa sundanya Satriliyun

Nah itulah mengenai penyebutan angka dalam bahasa sunda, yang telah lama dikenal dan diucapkan masyarakat sunda. Melestarikan bahasa adalah kewajiban kita sebagai generasi agar tidak punah terbawa jaman. (UK)
Belajar sunda: Mengenal angka dalam sunda Belajar sunda: Mengenal angka dalam sunda Reviewed by Urang Kampung on 18.59 Rating: 5