Cara cepat belajar bahasa sunda yang paling efektif dan jitu


BELAJAR BAHASA SUNDA - Bahasa sunda merupakan salah satu bahasa yang wajib dipelajari oleh orang Indonesia selain bahasa lainnya seperti jawa, bali, papua, madura dan daerah lainnya. Mengapa demikian? ini dikarenakan bahasa sunda mudah untuk dipelajari, selain itu dengan mempelajari bahasa sunda tentunya merupakan salah satu upaya ikut melestarikan bahasa sunda yang sudah mulai dilupakan generasi muda kita.

Banyak diantaranya teman-teman saya sewaktu di Yogyakarta, sering meminta saya untuk diajarkan bahasa sunda yang katanya unik dan lama kelamaan mereka bisa bicara walaupun bahasanya masih kasar. Nah beranjak dari situ bagi yang ingin belajar bahasa sunda, mungkin bisa melakukan beberapa cara yang saya berikan ini yaitu "cara cepat belajar bahasa sunda yang paling efektif dan jitu".

1. Harus ada keinginan belajar bahasa sunda
Keinginan dalam belajar merupakan nilai plus dalam belajar bahasa sunda, dimana dengan adanya keinginan untuk belajar maka yang tadinya sulit akan terasa ringan.

2. Berteman dengan orang sunda
Hal selanjutnya adalah jika kita ingin cepat belajar bahasa sunda maka harus berteman dengan orang sunda. Dengan berteman dengan orang sunda setidaknya kita akan mudah bertanya jika mengalami kesulitan, media kursus juga dan merupakan media kamus lengkap lisan dan tulisan.

3. Praktek berbicara dengan orang sunda
Setelah tadi kita berteman dengan orang sunda, maka tentunya kita akan sering bertatap muka dengan orang tersebut, cobalah untuk mulai berbicara menggunakan bahasa sunda yang kita tahu walaupun campuran dengan bahasa kita sendiri. Setelah kita bicara atau bertanya maka tanamkan dalam diri kita untuk "jangan malu" jika ditertawakan atau di ejek karena pengucapan yang salah atau aneh, dan sering-seringlah bertanya jika tidak tahu.

4. Membeli dan membaca buku-buku sunda terutama kamus bahasa sunda
Buku yang dibeli usahakan jangan buku-buku cerita sunda akan tetapi buku-buku mengenai cara belajar bahasa sunda dan kamus bahasa sunda. Nah ketika kita sudah dirasa mampu maka untuk menambah pengetahuan dan juga melatihnya barulah membaca buku-buku berbahasa sunda lainnya.

5. Sering-seringlah mendengarkan lagu-lagu sunda
Biasanya dengan mendengarkan lagu-lagu kita akan cepat hafal mengenai kosa kata yang ada dalam lagu, nah setelah itu kita cari artinya baik dengan bertanya atau mencarinya di kamus.

6. Tinggal di kampung sunda
Jika kita ingin belajar bahasa sunda, tidak ada salahnya jika kita tinggal dikampung sunda untuk sementara waktu, karena jika kita tinggal disana otomatis kita sering mendengar orang-orang berbicara dalam bahasa sunda. Selain itu kita juga bisa mendapatkan keuntungan lainnya misalkan mengenal mengenai kesenian sunda, kebudayaan sunda, adat istiadat dan kebiasaan orang sunda.

7. Mendengarkan radio-radio sunda
Sekarang ini banyak radio-radio yang bisa didengar melalui saluran streaming di internet secara langsung, jadi tidak ada salahnya sambil berselancar di internet kita juga sambil mendengarkan radio-radio berbahasa sunda.

8. Gabung di Group bahasa sunda atau kamus sunda
Dengan banyaknya jejaring sosial di internet yang bermunculan, sekarang ini banyak sekali group seputar bahasa sunda, ada kamus bahasa sunda,belajar bahasa sunda,lagu-lagu sunda atau bahasa sunda baik di Facebook, twitter, atau Google +. Disana kita bisa bertanya sekaligus belajar mengenai bahasa sunda baik dari Admin atau anggota group.

9. Kursus bahasa sunda
Jika kita benar-benar ingin belajar bahasa sunda secara keseluruhan  maka tidak ada salahnya jika kita kursus bahasa sunda di tempat yang telah menyediakan, namun sepengetahuan saya masih jarang lembaga yang membuka kursus bahasa sunda.

Cara-cara diatas tentunya bukan merupakan patokan khusus dalam belajar bahasa sunda, dan tidak harus dilakukan semua namun tergantung diri kita sendiri karena tiap orang mempunyai cara berbeda dalam belajar. Tinggal bagaimana diri kita mau belajar dari mana dan bagaimana cara kita mempelajarinya agar bisa berbahasa sunda.

Cara belajar bahasa sunda diatas dalam artian belajar secara umum yaitu belajar berbicara, belajar membaca, belajar menulis dan belajar mendengarkan. Namun setidaknya bicara dan mendengarkan saja sudah lebih dari cukup untuk sekedar tahu mengenai bahasa sunda. (UK)



"Mari Kita Jaga, Mari Kita Ajarkan dan Mari Kita Sebarkan Adat Istiadat, Kebudayaan, Kesenian dan Bahasa Daerah Kita Kebanggaan Indonesia"
Cara cepat belajar bahasa sunda yang paling efektif dan jitu Cara cepat belajar bahasa sunda yang paling efektif dan jitu Reviewed by Urang Kampung on 22.00 Rating: 5