Rekomendasi varietas benih padi untuk menanggulangi hama wereng coklat

cara bercocok tanamPanulisan - Pertanian - Badan Litbang merupakan badan dibawah kementrian pertanian, dengan salah satu tujuan pembentukannya yaitu untuk menghasilkan varietas unggul baru dan mengembangkan teknologi benih, bibit, pupuk, alat dan mesin pertanian, pengendalian organisme pengganggu tanaman (OPT) dan ternak, serta teknologi pascapanen dalam rangka mendukung peningkatan produksi, nilai tambah, daya saing dan ekspor. Badan ini kini telah berhasil menciptakan beberapa varietas unggul baik dari segi produktivitas, hasil stabil, cita rasa, mutu gizi, dan unggul umur genjah.

Varietas padi
Dalam rangka menghasilkan padi yang bermutu tersebut, maka upaya yang tidak kalah pentingnya adalah meminimalisir kegagalan panen. Salah satu dari kegagalan panen yang sering terjadi adalah dengan adanya hama yang menyerang tanaman padi baik ketika padi masih muda atau sudah berbiji.

Beberapa jenis padi yang tahan terhadap serangan hama wereng yang telah di ciptakan oleh Litbang, diantaranya :

  1. Inpari 2
  2. Inpari 3
  3. Inpari 4
  4. Inpari 12
  5. Inpari 13
  6. Inpara 1
Varietas padi tersebut adalah hasil dari persilangan 2 jenis padi yang telah ada, seperti IR, cisadane dan lain sebagainya. Keragaman jenis varietas padi tersebut dimaksudkan agar tercipta jenis padi yang terbaik untuk beberapa kondisi lahan tanam yang ada di Indonesia. 

Lalu jenis padi apa yang sebaiknya ditanam, hal ini sebenarnya tergantung pada keinginan petani sendiri apakah produktivitas yang diinginkan, cita rasa dari tanaman padi, gizi yang dihasilkan, atau umur tanam yang singkat. Karena kesemua itu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, selain dari faktor alam yang biasanya mempengaruhi, cara tanam, bahkan cara pemupukan serta pengairan. (UK)
Rekomendasi varietas benih padi untuk menanggulangi hama wereng coklat Rekomendasi varietas benih padi untuk menanggulangi hama wereng coklat Reviewed by Urang Kampung on 18.05 Rating: 5