Belajar sunda: kata ganti orang dalam bahasa sunda

Setelah sebelumnya saya menjelaskan secara singkat mengenai "Sejarah dan penulisan angka sunda" kali ini saya akan mencoba menerangkan sedikit contoh mengenai kata ganti, kata ganti yang saya maksud adalah kata ganti orang.  Tidak berbeda jauh dengan bahasa indonesia, dalam bahasa sundapun terdapat kata ganti untuk orang.

Kata ganti untuk orang dalam bahasa sunda terbagi menjadi tiga, yaitu kata ganti orang pertama, kata ganti orang kedua dan kata ganti orang ketiga. Kata ganti tersebut ada yang mempunyai tutur kata halus dan ada juga yang kasar.

Kata ganti orang pertama
Kata ganti merupakan kata-kata yang biasa digunakan untuk mengganti subjek atau objek tertentu dalam suatu kalimat lengkap. Dalam bahasa sunda kata ganti orang pertama dibagai kedalam dua bagian yaitu kata ganti orang pertama tunggal dan kata ganti orang pertama jamak.

a). Kata ganti orang pertama tunggal
Kata ganti orang pertama tunggal contohnya:
- Abdi (halus). Kata ganti ini biasanya digunakan dalam obrolan tak resmi, dan biasa digunakan ketika berbicara baik kepada yang lebih tua, sesama dan lebih muda.
- Simkuring (halus). Kata ganti ini biasanya dipake untuk obrolan resmi dan digunakan ketika berbicara kepada yang lebih tua dari kita.
- Kuring / urang / dewek (agak kasar). Kata ganti ini biasa digunakan dalam obrolan sehari-hari dan digunakan ketika berbicara kepada sesama(umur) namun kadang dibeberapa daerah kata ini digunakan juga ketika berbicara terhadap yang lebih tua atau muda.
- Aing (kasar). Kata ini digunakan dalam pembicaraan terhadap sesama dan terutama digunakan oleh orang-orang sunda pinggiran seperti daerah cilacap, banjar dan sekitarnya.

Contoh kalimat;
- Abdi bade angkat ka mesjid. (saya mau berangkat ke mesjid)
- Simkuring nuju peryogi info kuliah di bandung. (saya sedang membutuhkan info kuliah di kota bandung)
- Kuring harita ekeur ngalaan jukut di sawah. ( saya dulu sedang mengambil rumput di sawah)
- Aing teu bogoh ka sia. (saya tidak cinta sama kamu)

b). Kata ganti orang pertama jamak
Kata ganti orang pertama jamak yaitu:
- Simkuring sarerea
- Abdi sadayana
- Kuring sarerea

Contoh kalimat;
- Simkuring sarerea neda dihapunteun samudayaning kalepatan anu tipengker. (saya semua minta maaf atas semua kesalahan yang telah lalu).
- Hatur nuhun gusti abdi sadayana di paparinan kasehatan sareng kasalamatan. (terima kasih Tuhan saya semuanya masih diberikan kesehatan dan keselamatan)
- Kuring saréréa rek milu ngarojong pangwangunan di kota Banjar. (saya semua akan mendukung pembangunan di kota banjar)

>>>>Lanjut
Belajar sunda: kata ganti orang dalam bahasa sunda Belajar sunda: kata ganti orang dalam bahasa sunda Reviewed by Urang Kampung on 09.54 Rating: 5