Mengenal dekat bagian tubuh manusia dalam bahasa sunda

Belajar Sunda - Tubuh merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari manusia. Kesemua itu dirangkai oleh bagian-bagian tubuh yang saling melengkapi satu sama lainnya. 

Dalam mata pelajaran di sekolah bagian tubuh kita ini akan dibahas dalam mata pelajaran biologi. Dimana setiap bagian tubuh kita mempunyai fungsi yang berbeda, namun merupakan satu kesatuan yang saling melengkapi.

Secara kasat mata pembagian tubuh manusia dibagi kedalam 4 bagian, diantaranya: kepala, tangan, badan, dan kaki. Dalam bahasa sunda keempat bagian itu mempunyai nama lain, yaitu:
  1. Kepala = sirah (sunda halus) atau hulu (sunda kasar);
  2. Tangan = leungeun (kasar)  atau panangan (halus);
  3. Kaki = suku (kasar) atau sampean (halus) atau cokor (kasar);
  4. Perut/Badan dalam bahasa sunda dinamakan dengan beuteung. 
Contoh kalimat bahasa sunda dan terjemahannya:
a. Andi kade eta sirahna, bilih diseureud tiwuan. ( andi awas itu kepalanya, nanti di sengat)
b. Dinteun kamari, panangan si budi kagencet korsih. ( hari kemaren, tangan budi kejepit kursi)
c. Kade eta sukuna ulah naek kana teras masjid. ( awas kakinya jangan menginjak teras mesjid)


Ke empat bagian tubuh tersebut, merupakan bagian yang lebih umum lagi dari tubuh kita, dan diantara bagian tubuh tersebut terdapat pula bagian-bagian lainnya yang saling berhubungan membentuk organ yang dinamakan tubuh manusia.

Dalam bagian kepala kita, terdapat beberapa bagian lagi yang mempunyai fungsi, bentuk dan ukuran berbeda, diantaranya; rambut, lidah, kuping, hidung, dan sebagainya.

Itulah sekilas mengenai bagian terpenting dari tubuh manusia secara umum. Pada pembahasan berikutnya akan dijelaskan secara lebih khusus lagi. (Cak/17)
Mengenal dekat bagian tubuh manusia dalam bahasa sunda Mengenal dekat bagian tubuh manusia dalam bahasa sunda Reviewed by Urang Kampung on 13.59 Rating: 5