Kata Panggilan dalam kekerabatan sunda

  Belajar Bahasa Sunda - Hubungan dalam keluarga lebih dipengaruhi oleh hubungan darah, baik dari pihak ibu ataupun pihak bapak. Sehingga semakin banyak keturunan maka akan semakin banyak pula keluarga.


Dalam hal memanggil pun tentu saja akan berbeda, dipengaruhi oleh garis keturunan yaitu muda dan tua. Berikut beberapa panggilan dalam keluarga:

A. Aang
Aang atau ada yang memanggil ang/aa merupakan panggilan untuk sodara laki-laki yang lebih tua atau orang lain yang umurnya lebih tua. Baik masih hubungan sedarah atau tidak.
Contohnya:
- Anak laki-laki dari uwa (kaka dari Bapak /ibu)
- Cucu dari Kakaknya kakek/nenek

B. Teteh/Euceu
Teteh/euceu adalah panggilan untuk kakak perempuan atau perempuan yang lebih tua. Sama halnya dengan aang.

C. Mamang
Mamang merupakan sebutan untuk adik dari bapak/ibu atau orang lain.

D. Bibi
Sama halnya dengan mamang, bibi merupakan sebutan untuk adik dari bapak/ ibu atau orang lain.

E. Uwa
Uwa adalah sebutan untuk kaka dari bapak/ibu atau bisa juga anak dari kakanya kakek /nenek.

F. Aki/Nini
Aki/nini merupakan panggilan untuk ayah dari ibu/bapak atau kakanya kakek nenek atau sebutan dari cicitnya uwa untuk kita atau orang yang sudah tua dan layak dipanggil aki/nini (biasanya sudah berumur lebih dari 70 tahun).

H. Uyut
Uyut merupakan panggilan untuk ayah/ibu Dari kakek/nenek.


Panggilan tersebut memang masih di hormati dan tetap dijaga oleh orang sunda, namun kadang ada yang tidak menggunakannya baik karena orang tua yang tidak lagi mengajarkan atau orang tersebut sudah tidak mau menggunakannya. Jadi mereka cukup dengan memanggil nama saja. (Cak/17)

Kata Panggilan dalam kekerabatan sunda Kata Panggilan dalam kekerabatan sunda Reviewed by Urang Kampung on 22.24 Rating: 5