Sirib alat menangkap ikan yang sudah jarang ditemukan

Kungkang.com - Ikan merupakan salah satu hewan yang hidup di air,sehingga dalam menangkapnya perlu alat bantu untuk mempercepat dan mempermudah. Banyak sekali alat yang bisa digunakan untuk menangkap ikan diantaranya pancing, jala, bubu dan sebagainya.

Salah satu alat yang sekarang jarang terlihat dan digunakan yaitu SIRIB. Sirib memiliki bentuk persegi dengan bahan yang terbuat dari semacam benang berwarna coklat mirip jala (warna dominan jala) dan ditopang dengan 4 buah bambu, dimana setiap ujung bambu dikaitkan pada ujung jala dan ujung satunya pada bambu utuh (lihat gambar).

Bambu selain berfungsi untuk menopang jala, juga sebagai pemberat. Sirib sendiri sepengetahuan saya banyak digunakan orang untuk menangkap ikan dan udang.

Caranya yaitu sirib di taruh pada kolam, namun sebelumnya ditengah-tengah sirib diberikan umpan biasanya dedak(huut) yang sudah dikasih air. Kemudian setelah sirib di ditaroh di kolam, tunggu 10-15 menit sampai ikan/udang memakan umpan, lalu angkat.

Sekarang ini sirib sudah jarang ditemui, bahkan mungkin sudah hampir punah. Sirib dahulu banyak digunakan masyarakat sunda dalam menangkap ikan baik dikolam atau di sungai. (Cak/17)
Sirib alat menangkap ikan yang sudah jarang ditemukan Sirib alat menangkap ikan yang sudah jarang ditemukan Reviewed by Urang Kampung on 15.35 Rating: 5