Mengenal karakteristik masyarakat berkat sensus

Kungkang.com - Masyarakat indonesia adalah masyarakat yang majemuk, dengan karakteristik yang berbeda tapi tetap menjaga adat istiadat daerahnya. Dengan segala keberagaman itulah masyarakat kita bisa digolongkan kedalam beberapa kelas tergantung tujuan dari klasifikasi yang diinginkan.


Dari pengalaman dilapangan saat melakukan sensus baik itu sensus penduduk, sensus ekonomi, dan sensus yang lainnya disitulah saya mendapatkan ilmu yang bermanfaat, bukan hanya soal kehidupan tapi juga karakteristik masyarakat itu sendiri.


Nilai-nilai kemasyarakatan masih selalu dijaga dan dipertahankan terbukti dengan sikap yang selalu ditunjukan masyarakat saat saya melakukan survei lapangan. Ramah, itulah yang saya tangkap pertamakali dari setiap rumah yang saya kunjungi saat berada dilapangan.


Namun pada akhir dari setiap wawancara yang saya lakukan pasti akan ada curhat, kepada pemerintah baik lingkungan RT, Dusun, Desa dan Kabupaten. Entah itu berhubungan dengan masalah pemerintahan, ekonomi, pembangunan, sosial dan sebagainya.


Curahan hati masyarakat indonesia yang merasa bahwa hak-haknya belum terpenuhi, sedangkan kewajiban yang dibebankan kepadanya sudah dilaksanakan. Hal lainnya yang sering menjadi perdebatan dimasyarakat ketika ada sebuah program dari pemerintah yaitu banyaknya ketidak ketepatan sasaran.


Dimana orang yang seharusnya menerima bantuan ternyata tidak menerima sama sekali, malahan yang tidak layak menerima bantuan malah menerima. Selain itu mereka yang tidak layak menerima tetap menerima bantuan dengan alasan "saya juga warga indonesia" tapi tidak berkaca kalau secara ekonomi dia itu mampu.


Itulah mungkin beberapa karakteristik,masyarakat indonesia yang saya temui dilapangan. Dan dari pengalaman dilapangan saya bisa ambil kesimpulan bahwa:


1. Program pemerintah banyak yang tidak tepat sasaran. Entah kesalahan dari tingkat atas atau memang kesalahan dari tingkat bawah (RT, RW, Dusun, Desa) dalam memuat data kependudukan.
2. Ada beberapa masyarakat yang sebetulnya tidak layak menerima bantuan tapi tetap menerima karena merasa bahwa itu adalah bantuan pemerintah dan dia juga sudah melaksanakan kewajiban sama dengan orang lain. Mereka enggan merubah data sendiri dan menggantinya dengan orang yang lebih layak, lebih pantas, dan lebih membutuhkan.
3. Ada beberapa masyarakat yang secara ekonomi mampu tapi tetap meminta untuk diberikan bantuan dengan alasan kalau dia juga tidak mampu.


Itulah sekilas pengalaman saya dilapangan yang berhubungan dengan karakteristik masyarakat indonesia. Semoga saja semua masalah yang berhubungan dengan program pemerintah bisa diperbaiki untuk program-program yang akan datang sehingga tidak terjadi konflik antar masyarakat, dan masyarakat vs pemerintah desa. (Cak/17)

Mengenal karakteristik masyarakat berkat sensus Mengenal karakteristik masyarakat berkat sensus Reviewed by Urang Kampung on 09.46 Rating: 5